Makanan Khas Bali Yang Sering Disajikan Di Acara Pernikahan

Damar Bali Catering > Catering Di Bali > Makanan Khas Bali Yang Sering Disajikan Di Acara Pernikahan

Makanan Khas Bali Yang Sering Disajikan Di Acara Pernikahan

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam adat istiadat dan budaya. Setiap adat istiadat memiliki ciri khas masing-masing termasuk bagaimana prosesi pernikahan. Sebab pernikahan merupakan sebuah momen yang sakral dan penting. Begitupula dengan adat Bali, bahkan anak-anak muda tidak jarang menggunakan adat Bali ketika melangsungkan pernikahan. Selain menggunakan adat tradisional, agar konsep pernikahan semakin paripurna, seringkali mereka menggunakan menu catering Bali untuk perjamuan dalam acara tersebut. Makanan khas Bali yang seringkali tersedia di Bali catering memiliki cita rasa yang unik dan benar-benar berbeda dengan daerah lain. Makanan tradisional yang digunakan dalam acara pernikahan cukup variatif, sehingga Anda bisa memilih yang cocok.

Varian Menu Makanan Khas Bali Untuk Acara Pernikahan

Bagi kalian yang berasal dari Bali, simak nih ulasan-ulasan berikut tentang menu-menu catering Bali atau Bali catering untuk pernikahan. Antara lain sebagai berikut:

1. Menu Sate Lilit

Salah satu menu catering Bali yang bisa dijadikan sebagai sajian dalam acara pernikahan adat di Bali adalah sate lilit. Menu ini bisa disajikan dengan beragam lauk pauk dan makanan lainnya. Sate lilit memang sangat unik, setelah dipotong daging tersebut tidak langsung dipanggang, melainkan dicincang dahulu. Setelah itu, daging tersebut ditambah bumbu-bumbu khusus dan batang serai. Selanjutnya daging tersebut dililitkan pada bambu kemudian dibakar sampai merata matangnya. Karena dagingnya dicincang, maka tekstur sate cenderung empuk dan mudah dikunyah. Untuk cita rasanya tidak boleh diragukan lagi, sebab dibumbui dengan rempah-rempah pilihan khas Bali. Bahkan rasanya benar-benar berbeda dengan sate-sate pada umumnya yang sering Anda temui. Itulah mengapa catering Bali sering menggunakan sate lilit sebagai menu andalan.

2. Menu Tum Ayam

Ternyata di Bali juga memiliki makanan khas yang menyerupai pepes sebagaimana di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menu Bali catering satu ini adalah olahan ayam yang menyerupai pepes khas jawa. Perbedaannya, jika pepes di Jawa menggunakan ikan yang dijadikan isian, sedangkan tum ayam khas Bali menggunakan ayam sebagai isian. Sebagaimana sate lilit, agar lebih mudah dimakan, ayam yang akan diolah menjadi tum ayam terlebih dahulu dicincang. Cara mencincangnya juga tidak perlu halus, Anda bisa memilih cincangan kasar atau halus tergantung selera. Nantinya cincangan ayam tersebut akan dicampur dengan rempah-rempah khas Bali. Nah bagi Anda yang memilih menu Bali catering ini untuk pernikahan adat bali ini. Bisa memasaknya dengan mengukus menggunakan daun pisang yang sebelumnya telah dibersihkan. Daun pisang menjadikan cita rasa olahan ayam satu ini semakin menyeruak keluar. Namun jika tidak ada daun pisang, Anda bisa mengukusnya di dalam panci.

3. Menu Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan salah satu olahan ayam khas Bali yang seringkali muncul di berbagai perayaan, sehingga makanan ini cukup populer. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya jika acara pernikahan tanpa memasukkan menu catering Bali satu ini. Rasanya pun tidak bisa diragukan lagi, memiliki citarasa yang sangat lezat, gurih bercampur pedas karena rempah-rempah yang digunakan. Olahan ayam satu ini dimasak sangat unik, yaitu dengan memasukkan seluruh bumbu dan rempah-rempah ke dalam perut ayam. Dan ayam yang digunakan harus ayam kampung, sehingga rasanya semakin sedap dan nikmat. Jika seluruh bumbu dan rempah sudah dimasukkan ke dalam perut, selanjutnya ayam dibungkus dengan daun pisang. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukan ayam betutu pada hampir setiap menu Bali catering. Sehingga tidak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk memasaknya.

4. Menu Bubur Mengguh

Selain menyediakan sajian olahan-olahan berat, tidak ada salahnya dalam acara pernikahan Anda juga menyediakan makanan lembut seperti bubur mengguh. Sehingga tamu undangan yang sudah merasa kenyang bisa mengonsumsi makanan lembut seperti ini. Bubur mengguh dibuat dari beras yang dimasak bersama santan sampai halus, selanjutnya ditaburi suwiran ayam yang sebelumnya telah digoreng. Sebelum disajikan siap makan, terlebih dahulu bubur ini disiram dengan kaldu ayam yang sangat kental. Citaranya sangat lezat sehingga Anda bisa memasukkan bubur mengguh ini menjadi salah satu sajian untuk acara pernikahan. Nah bubur mengguh ini juga menjadi salah satu menu catering Bali yang tersedia dan bisa Anda pilih.

5. Menu Sate Plecing

Sebagaimana dengan sate lilit, sate plecing menjadi salah satu olahan khas Bali yang seringkali muncul di acara pernikahan Adat Bali. Sate plecing biasanya dibuat dari daging ayam, akan tetapi juga bisa dibuat dari daging ikan yang durinya sudah dihilangkan. Menu satu ini merupakan salah satu menu Bali catering  yang menyajikan cita rasa segar bercampur pedas. Artinya berbeda dengan sate lain pada umumnya yang memiliki cita rasa gurih. Sebagai pelengkap, sebelum disajikan sate plecing disiram dengan air jeruk limau. Hal ini menjadikan aroma amis dari pembakaran bisa hilang dan berganti aroma segar.

6. Menu Tipat Blayag

Tipat blayag menjadi salah satu rekomendasi menu catering Bali yang disajikan dalam acara pernikahan adat Bali. Olahan khas Bali satu ini menyerupai lontong, bedanya jika lontong dibungkus dengan daun pisang. Akan tetapi tipat blayag menggunakan daun enau ataupun kelapa untuk membungkusnya. Agar lebih nikmat menu Bali catering ini, sajikan juga saus dari tepung beras yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas Bali. Selain itu, Anda juga bisa menambahkannya dengan kerupuk kulit ayam maupun urap.

Itulah beberapa menu catering Bali yang sangat recommended untuk berbagai acara termasuk acara sakral pernikahan. Olahan-olahan khas pulau dewata ini cukup mudah dibuat dan dipraktekkan. Akan tetapi jika tidak ingin repot, Anda bisa mengunjungi Bali catering di damarbalicatering.com untuk mendapatkan makanan khas yang diinginkan.

Makanan Khas Bali Yang Sering Disajikan Di Acara Pernikahan, selain itu juga menyediakan nasi kotak, sajian prasmanan, Catering untuk karyawan dan banyak lagi.

Leave a Reply